Home · Tentang · Policy · Disclaimer · Kontak

Kandungan Dan Bahaya Asap Rokok

Kandungan Dan Bahaya Asap Rokok - ROKOK berasal dari tembakau. Kali pertama diperkenalkan orang Spanyol di abad ke-16 dan disebut tembakau Haiti. Dibuat pertama kali sebagai sigaret di Spanyol pada abad ke-17. Di Inggris di kenal sebagai cerutu pada abad ke-19, dan kini rokok tersebar dan terkenal di seluruh dunia. Penyajiannya pun dalam berbagai kemasan menarik, dan oleh produsen ditambahkan beberapa zat, agar aromanya terasa enak dan harum.

Tahukah Anda kalau rokok mengandung kurang lebih 4.000 bahan zat organik, baik berupa , partikel ataupun gas yang umumnya bersifat toksik/ racun, iritasi, bisa mengakibatkan kanker (karsinogenik), bersifat radioaktif & menjadikan kecanduan (adiktif).

Beberapa pabrik telah berusaha mengurangi konsentrasi bahan-bahan yang terkandung, seperti menggunakan filter, menurunkan kadar tar, dan nikotin. Pada tahun 1950, rokok filter yang dijualbelikan cuma sekitar 1%, kemudian semakin bertambah. Kadar tar pada rokok juga semula 35 mg pada tahun 1957, kemudian menjadi 13 mg pada 1987. Kadar nikotin juga turun dari 1,3 mg menjadi satu mg.

Bila satu batang rokok dibakar, maka racun yang keluar adalah gas karbon monoksida, nikotin, nitrogen oksida, hydrogen cyanide, benzene, amonia, acrolein, acetilen, methanol, benzaldehyde, urethane, coumarin, 4-ethylcatechol, ortocresol, perylene, dan lain-lain.
Gb. Kandungan Dan Bahaya Asap Rokok
Gambar Kandungan Dan Bahaya Rokok
Tar adalah kumpulan dari ratusan bahkan ribuan bahan mengandung kimia di dalam komponen padat asap rokok sesudah dikurangi nikotin air. Tar ini mengandung bahan-bahan karsinogen. Sementara itu nikotin adalah suatu bahan adiktif, bahan yang dapat membuat orang membuat ketagihan & mengakibatkan ketergantungan. Daun tembakau mengandung 1-3% nikotin.

Bila seseorang membakar kemudian mengisap rokok, maka ia akan sekaligus mengisap semua bahan kimia tersebut. Asapnya juga beterbangan di sekitar si perokok. Asap yang beterbangan itu juga mengandung bahan berbahaya, dan bila diisap oleh orang di sekitar si perokok, berarti dia pun menghisap bahan kimia beracun.

Asap rokok yang dihisap oleh si perokok dinamakan `asap utama (mainstream smoke) sedangkan asap yg keluar dr ujung rokok yg terbakar diisap oleh orang di sekitar prokok disebut `asap sampingan` (sidestream smoke). Bahan-bahan kimia berbahaya itulah kemudian menimbulkan berbagai penyakit, terutama penyakit paru. Bahkan pengaruh asap rokok lebih besar bahayanya dibanding debu tambang.

Penelitian menunjukkan, pengaruh buruk debu batu bara sekitar 1/3 dari pengaruh buruk rokok. Penelitian lain menunjukkan perbandingan terjadinya kematian akibat kanker paru pada mereka yang tidak merokok dan tidak terkena paparan asbes dengan mereka yang terkena paparan asbes adalah 1 : 5,17. tetapi pada mereka yang merokok dan juga terkena paparan asbes angkanya melonjak menjadi 53,3.

Dan dua bahan penting dalam asap rokok yang membahayakan jantung adalah nikotin dan gas CO. Asap rokok mengandung 0,5 - 3% nikotin. Kalau diisap, maka kadar nikotinnya dalam darah akan berkisar antara 40-50 mg/ml. Adanya nikotin, tentu saja membuat irama jantung tak teratur, membuat lebih cepat aliran darah, mengakibatkan kerusakan lapisan di dlm pembuluh darah juga menjadikan terjadinya penggumpalan darah.

Di pihak lain, gas CO (karbon monoksida) akan mengganggu kemampuan darah mengikat oksigen. Gas CO berkemampuan mengikat zat hemoglobin dalam darah 200 x lebih kuat daripada oksigen. Akhirnya mengakibatkan hemoglobin tdk bisa mengikat 02 dan tubuh menjadi kekurangan oksigen yg sejatinya adalah bahan utama utk kehidupan manusia.
==**==

Search Terms: tar , asap rokok , bahaya asap rokok , kandungan asap rokok , tar pada rokok , pengaruh rokok terhadap kesehatan , akibat asap rokok , pengaruh rokok , asap rokok mengandung , dampak asap rokok , efek asap rokok

Tag Cloud: hamil ibu bagi rokok bahaya makalah bayi dan janin asap menghirup pada kesehatan merokok pdf pasif aktif perokok kepada perkembangan untuk kandungan dalam manusia tubuh pidato naskah efek tentang contoh kehidupan wanita anak nya lingkungan balita kecil muda smp umur dibawah terhadap monoksida karbon artikel buat wikipedia baik yang penyebab apa atraksi pengaruh dampak tar zat bahayanya indonesia udara polusi mantra brush nikotin akibat video trik pelet mengandung

Artikel keren lainnya: